REFLEKSI BELAJAR

REFLEKSI BELAJAR BUNDA CEKATAN

REFLEKSI DI TEPI DANAU
Tidak terasa sampailah kita di tepi danau. Mari kita istirahat bersama disini, dan refleksi hasil belanja kita, eh hasil belajar kita hehehe. Bagaimana caranya?
BONGKAR ISI KERANJANGMU, KLASIFIKASIKAN MAKANANMU
Ambil tiker dan siapkan secangkir coklat panas, sebagai penghilang rasa penat kita yang  sudah berjalan berhari-hari dengan sangat hebohnya.
Bongkar isi keranjangmu yang berisi makanan utama, hadiah dan cemilan-cemilan yang kau dapatkan selama berkelana di hutan pengetahuan kita.
Recalling kembali memori dan rasa makanan-makanan yang sudah kita makan dengan lahap selama perjalanan di hutan pengetahuan.
Klasifikasikan menurut tema dan sub temanya. 
Pisahkan antara makanan utama dan cemilan ya.




REFLEKSIKAN KE PETAMU
Ambil peta (mind mapping) yang sudah kita buat saat kita masih menjadi telur dulu.
Tambahkan di petamu, kelompok klasifikasi makanan apa saja yang kau dapatkan selama berkelana di hutan pengetahuan.
Refleksikan setiap klasifikasi makanan, hadiah dan cemilan  tersebut ke dalam peta kita.


Tanyakan pada dirimu sendiri 

Apakah makanan yang kudapatkan sudah sesuai dengan kebutuhan makanan yang ada di petaku?
Ya.. makanan yang kudapatkan sudah sesuai. Meskipun ada makanan besar yang sebetulnya bukan menjadi prioritas dalam rencana mind map untuk saat ini tapi malah aku jadikan makanan utama karena tiba2 makanan ini menjadi urgent untuk dipelajari sekarang. Yaitu belajar tentang value berbisnis. Bahwa bisnis itu ternyata tidak semata-mata mengejar materi, jadi bisnis harus dengan tujuan lillah, sambil memegang apa yang sudah menjadi value keluarga kita, sambil tetap menjalankan peran kita sejatinya menjadi apa, dan tidak yang terpenting adalah bisnis yang kita jalani bermanfaat untuk orang lain. Ini lah yang ternyata selama ini saya lupakan, membuat saya gelisah kenapa saya seperti lelah raga saja dalam menjalankan bisnis. Maka akhirnya belajar bisnis ini saya jadikan fokus belajar saya dalam pekan ini. 

Mana yang lebih banyak kudapatkan selama berkelana di hutan pengetahuan, makanan utama atau cemilan? Mengapa?
50-50. Tapi cemilannya saya fokus tuntaskan sekalian. Karena itu tadi, tiba2 saya ingin belajar tentang value keimanan dan kebermanfaatan dalam bisnis. Makanan utama yang saya lahap adalah ilmu mpasi, parenting, dan managemen waktu. Sementara camilan yang saya lahap hanyalah ilmu bisnis. Saya tidak mengambil camilan selain ilmu bisnis.

Apa yang membuatku bahagia belajar di hutan pengetahuan? Mengapa?
Karena banyak sekali ilmu baru yang kudapat disini.. 


Apa strategi belajar yang kurasakan berhasil selama di hutan pengetahuan?
Apa yang harus kutingkatkan lagi?
Strategi belajar saya adalah case by case. Ada kasus baru, saya pelajari lalu saya tuntaskan. Pekan ini memang banyak yang mengganjal di pikiran saya. Salah satunya yaitu saya memang seperti merasa kurang dan merasa lelah dalam menjalankan bisnis yang sedang saya tekuni. Akhirnya terjawab sudah ketika saya masuk dalam kelas bersama keluarga bisnis. Saya belajar banyak disini. Saya mereflekasikan kegelisahan saya dengan mempelajari perjalanan bisnis teman2 disana. Ternyata memang banyak yang harus saya perbaiki dalam pola pikir berbisnis saya. Bisnis tidak semata-mata soal uang. Tapi harus dipikirkan peran utama kita sebagai apa, kebermanfaatan kita harus sejauh mana dengan bisnis kita ini

Refleksi Belajar adalah salah satu teknik untuk membimbing diri sendiri, agar hari ini lebih baik dari hari kemarin

Komentar

Postingan populer dari blog ini

koas...oh koas... [ catatan mahasiswa koas kedokteran hewan UGM ]

Aspek Fisiologis dan Hormonal Kebuntingan Kucing

Enjoying AVVP : ParT 2 (Only about the Vet Volunteer Camp at Srisakate & Vientiane)